Ulasan Dell UltraSharp 32 4K USB-C Hub Monitor: Hitam pekat, lebih bertenaga

Halo kawan akrab detikjember, jumpa kembali kita di artikel ini. Di artikel ini saya akan mengkaji Ulasan Dell UltraSharp 32 4K USB-C Hub Monitor: Hitam pekat, lebih bertenaga

Tampilan depan sudut monitor Dell UltraSharp 32 4K USB-C Hub.

Monitor Hub USB-C Dell UltraSharp 32 4K

MSRP $ 1,00

Monitor Dell UltraSharp 32 4K USB-C Hub membawa panel biasa dengan IPS Black ke level berikutnya.

Advokasi

  • Panel IPS 4K yang besar dan jernih

  • Kualitas gambar yang sangat baik

  • Hub USB-C dan sakelar KVM sangat berguna

  • Kualitas dan desain bangunan yang luar biasa

  • Garansi dan dukungan yang luar biasa

Negatif

  • Mahal

  • Dukungan HDR sangat besar

Dell UltraSharp 32 4K USB-C Hub Monitor (Wow!) Baru sangat mirip dengan Dell 32 4K USB-C Hub Monitor P3222QE yang kami ulas tahun lalu. Kami sangat menyukai monitor itu sehingga kami memberikannya Penghargaan Editor of Choice Award untuk konektivitas yang sangat baik, gambar IPS yang luar biasa, dan banyak lagi. Itu bahkan ada dalam daftar monitor terbaik kami.

Namun, U3223QE ada dalam seri Dell UltraSharp, yang berarti seharusnya menghadirkan kinerja dan inovasi yang lebih baik – dan faktanya, ini adalah salah satu layar pertama yang menggunakan teknologi IPS Black LG, yang bertujuan menghadirkan warna hitam yang lebih dalam dan kontras yang lebih tinggi. Dan masih banyak lagi yang disukai, termasuk meningkatkan output daya USB-C menjadi 90 watt dibandingkan dengan 65 watt.

U3223QE adalah layar mahal yang dijual seharga $ 1.150 sementara saat ini dijual seharga $ 920. Tetapi Anda mendapatkan apa yang Anda bayar, termasuk panel 4K besar dan jernih yang memberikan kualitas gambar luar biasa dan hub USB-C yang sangat nyaman.

spesifikasi

Dell UltraSharp 32 4K USB-C Hub Monitor U3223QE
Ukuran layar 31,5 inci 16: 9
Jenis panel IPS
Kejelasan 3.840 x 2.160
Puncak kecerahan 400 nits (normal)
HDR Layar HDR 400
rasio kontras 2000: 1
Waktu merespon Mode cepat 5 milidetik
Mode normal 8 milidetik
spektrum warna 100% sRGB, 98% DCI-P3
Tingkat pembaruan 60Hz
Melengkung Tidak
Pembicara Tidak
masukan 1x DisplayPort 1.4a, 1x HDMI 2.0, 1x USB-C dengan transmisi daya 90 watt
port USB 1x USB-C 3.2 Gen 2 upstream
4x USB-A 3.2 Gen 2
1x USB-A 3.2 Gen 2 dengan BC 1.2
1x USB-C 3.2 Gen 2 Hilir
Jalur keluaran audio 1×3.5mm
1 port RJ45
1x keluaran DisplayPort
Pengaturan Kemiringan 26 derajat, rotasi 60 derajat, tinggi 150 mm, rotasi 180 derajat
Dimensi (TxLxD) 24,36 x 28,06 x 9,18 inci
Bobot 84 22.84
Daftar Harga $1150

Rencana

Tampilan samping monitor Dell UltraSharp 32 4K USB-C Hub.
Tandai Kopak / Tren Digital

Eksterior U3223QE hampir identik dengan eksterior P3222QE. Ini juga merupakan desain konservatif dengan margin kecil dan dasar perak sederhana yang terbuat dari plastik tetapi masih terasa seperti struktur yang berat, kokoh, dan kokoh. U3223QE adalah tampilan yang tidak muncul di lingkungan apa pun, kecuali pengaturan gamer hardcore. Jika demikian, maka Optix MPG 32 QD MSI menawarkan lebih banyak estetika tanpa menjadi gila.

Proses unboxing sangat sederhana, dan tampilannya sangat sulit untuk disatukan. Angkat layar dengan hati-hati, kencangkan salah satu ujung dudukan logam berat di belakang layar dan ujung lainnya di dudukan, dan Anda siap berangkat. Mendukung berbagai gerakan, termasuk penyesuaian ketinggian, rotasi, dan kemiringan, dan dapat diputar secara vertikal.

Dalam mode potret, pastikan layar lurus sebelum berputar ke atas, jika tidak, tepi mungkin tergores di sepanjang alasnya. Selain lansiran, layarnya mudah dimasukkan untuk kenyamanan dan ergonomi maksimal.

Dudukan monitor Dell UltraSharp 32 4K USB-C Hub.
Tandai Kopak / Tren Digital

Pilihan kecil untuk dipilih juga tercantum dalam ulasan P3222QE kami. Ada lubang di dasar untuk manajemen kabel, yang nyaman, tetapi terletak di bagian bawah, dan terbuka jika layar diangkat dari titik tertentu. Sangat menyenangkan memiliki lubang yang lebih tinggi sehingga kabel Anda yang tidak nyaman dapat disembunyikan dengan lebih mudah.

Akhirnya, jelas bahwa Dell U3223QE dirancang untuk menekankan apa yang ditampilkan di layar daripada di luar layar. Dan ini bagus untuk sebagian besar pengguna, yang mungkin lebih suka monitor mereka memudar di latar belakang daripada fokus.

Port dan kontrol

Monitor Dell UltraSharp 32 4K USB-C Hub yang menunjukkan port utama.
Tandai Kopak / Tren Digital

U3223QE memiliki frasa “USB-C Hub” dalam nama lengkapnya yang panjang, dan untuk alasan yang bagus. Hub USB-C di layar yang dikonfigurasi dengan baik yang dapat membuat penggunaan laptop di kantor menjadi sangat nyaman. Bahkan ada sakelar KVM (keyboard, video, dan mouse) yang memudahkan peralihan sumber daya. Dan pada sakelar P3222QE, transfer daya ke laptop lebih tinggi dari 90 watt vs. 65 watt. Ini memperluas jangkauan laptop yang dapat ditenagai sepenuhnya oleh hub, meskipun beberapa mesin masih memerlukan adaptor daya khusus.

Input video termasuk DisplayPort 1.4 dengan Display Streaming Compression (DSC) untuk kompresi visual lossless dan dukungan untuk perlindungan konten digital bandwidth tinggi (HDCP 2.2), sehingga Anda dapat memutar Netflix dalam resolusi UHD penuh, HDMI 2.0 dengan dukungan HDCP 2.2, dan banyak lagi. Mainkan USB-C. Mendukung DSC (DisplayPort 1.4 dan HDCP 2.2). Input USB-C adalah input yang menghubungkan hub dan menyediakan daya, sedangkan port USB-C 3.2 Gen 2 kedua hanya tersedia untuk data upstream.

Koneksi hub sangat lebar, termasuk port DisplayPort untuk monitor rantai (tidak ada di P3222QE), empat port USB-A 3.2 Gen 2 (dengan salah satunya terletak di bawah layar), USB-A 3.2 Gen. 2 port dengan pengisian daya BC 1.2, USB-C 3.2. Port downstream generasi kedua di bagian bawah layar dengan daya pengisian maksimum 15 watt, output jack audio 3,5mm, dan port Ethernet RJ45.

Ini hampir semua yang Anda butuhkan untuk sepenuhnya mengonfigurasi pengaturan yang dapat menghubungkan keyboard, mouse, dan beberapa periferal, dan memungkinkan transfer yang mudah dari desktop USB-C ke laptop. Jika Anda tidak memerlukan pengaturan yang tepat seperti itu, sesuatu seperti layar Samsung 4K UJ590 32 inci dapat menghemat uang Anda.

Ada tampilan di layar (OSD) yang dikendalikan oleh joystick di bagian belakang layar, dan tombol daya adalah satu-satunya kontrol fisik lainnya. OSD cukup sederhana untuk digunakan dan memberikan kontrol atas semua aspek penting dari tampilan, termasuk fitur dasar seperti kecerahan dan kontras.

Anda dapat memilih dari beberapa preset warna termasuk standar, film (sangat biru) dan permainan (sedikit berbeda dari standar), juga menyesuaikan suhu warna, mengatur ruang warna dan mengatur kombinasi RGB kustom. Ini juga tempat Anda dapat mengatur kecepatan refresh dari Normal (8ms) ke cepat (5ms) secara default, mengaktifkan mode gambar-dalam-gambar, mengaktifkan dan menonaktifkan HDR, dan mengatur mode (desktop, film, game). Dan DisplayHDR 400, tidak ada yang memiliki efek langsung).

kualitas gambar

Monitor Dell UltraSharp 32 4K USB-C Hub yang menunjukkan kualitas tampilan.
Tandai Kopak / Tren Digital

U3223QE dibangun di sekitar panel IPS 31,5 inci yang berjalan pada resolusi 4K (3840 x 2160), yang terbukti bahkan pada layar sebesar itu. Kecepatan pembaruan 60Hz adalah umum di antara tampilan serupa dan mudah-mudahan akan meningkat pada iterasi berikutnya. Laptop rumahan memanfaatkan kecepatan refresh yang lebih cepat, menawarkan antarmuka Windows 11 yang lebih mulus, dan tampak hebat di layar eksternal non-game. Layar 32 inci yang menawarkan 4K dan kecepatan refresh tinggi 144 Hz adalah GIGABYTE M32U. Waktu respons adalah 5 milidetik dalam mode cepat dan 8 milidetik dalam mode normal, yang cukup responsif untuk gamer non-kompetitif, tetapi Anda tidak dapat mendekati 1 milidetik dengan panel TN.

Secara visual, layarnya terlihat bagus. Itu cerah dan berwarna-warni tanpa terlalu jenuh. Hitam jelas terlihat lebih dalam dari biasanya, memberikan kontras visual yang sangat baik dengan, misalnya, teks hitam pada latar belakang putih. Dell menilai layar ini mencakup 100% sRGB dan 98% DCI-P3 dengan kecerahan 400 nits dan rasio kontras 2000:1.

IPS belum mampu menghasilkan HDR yang sangat bagus.

Dukungan High Dynamic Range (HDR) bersertifikat DisplayHDR 400, yang merupakan peringkat terendah yang ditawarkan oleh VESA. Dukungan HDR baik-baik saja. Saat HDR dihidupkan, kecerahan U3223QE sedikit meningkat, dan saat HDR dihidupkan di Windows 11, warnanya menjadi sedikit lebih dalam. Video HDR Netflix lebih menguntungkan dan menunjukkan banyak detail dalam adegan gelap. U3223QE masih mendapat manfaat dari menyalakan HDR, tapi jangan berharap itu akan mengubah permainan. IPS tidak mampu menghasilkan HDR yang sangat bagus, seperti yang akan Anda dapatkan dengan teknologi lampu latar generasi berikutnya seperti layar OLED, QD-OLED atau mini-LED, di mana Asus ROG Swift PG32UQX adalah salah satu yang terbaik. Ini masih sangat jarang, terutama di luar dunia monitor gaming.

Berkat colorimeter SpyderX saya, U3223QE benar-benar menawarkan gambar yang bagus. Kecerahan melebihi spesifikasi Dell pada 447 nits, dan rasio kontrasnya persis di atas 2050: 1 – hasil yang menakjubkan untuk tampilan IPS dan pemenuhan janji Dell berdasarkan teknologi IPS Black LG. Warnanya lebar pada 100% sRGB, 89% AdobeRGB, dan 98% DCI-P3, dan akurasi warna di DeltaE adalah 0,92 (1,0 atau kurang tidak terlihat oleh mata manusia).

Gamma sangat baik pada 2,2 dan titik putih hanya sedikit dingin pada 6700 K pada kecerahan 100%. Kalibrasi U3223QE hampir tidak membuat perubahan kecuali untuk akurasi warna, yang sebenarnya turun ke DeltaE 0,99.

Dengan kata lain, U3223QE memberikan hasil out-of-the-box yang luar biasa. Peringkat warna profesional mungkin ingin mencakup sedikit lebih baik daripada ruang warna AdobeRGB, tetapi sulit untuk mengeluh ketika akurasi warna sangat baik.

Kesan kami

U3223QE menawarkan struktur yang dapat disesuaikan, kokoh, dan estetika konservatif yang kompatibel dengan lingkungan profesional. Ia juga menawarkan warna yang lebar dan akurat (terutama dalam sRGB) dan kontras yang sangat baik untuk tampilan IPS.

Layar mengambil langkah lain dengan hub USB-C bawaannya. Banyak koneksi dibuat melalui koneksi USB-C, dengan lebih banyak air dari biasanya dengan pengiriman daya 90 watt dan dukungan KVM. Ini adalah solusi yang bagus untuk siapa saja yang ingin mencolokkan laptop tanpa mencolokkan dan mencabutnya dengan mencabut dan menghubungkan keyboard, mouse, Ethernet, audio, dan berbagai periferal.

Tentu saja, ini adalah monitor yang mahal, bahkan untuk $920. Saya pikir itu layak untuk mempertimbangkan kualitas gambar, resolusi, dan ukuran layar besar, tetapi itu tergantung pada seberapa penting fitur hub bagi Anda. Garansi yang ditangguhkan (lihat di bawah) juga menambah nilai.

Apakah ada alternatif?

Jika Anda ingin tetap menggunakan layar 4K besar dan menginginkan warna terluas, maka MSI Optix MPG321UR-QD Adalah pilihan. Ini tidak menawarkan kontras yang sama seperti U3223QE, tetapi mengontrol 100% rentang AdobeRGB dan bahkan memiliki akurasi warna yang lebih besar. Biayanya juga sedikit lebih murah.

Jika Anda menginginkan sesuatu yang lebih kecil untuk muat di ruang sempit, Dell P2720C 27-inci berada di puncak daftar monitor terbaik kami karena harganya yang murah dan kualitas gambar yang bagus.

Berapa lama?

U3223QE dibuat dengan baik dan menawarkan teknologi yang cukup untuk melayani Anda dengan baik selama bertahun-tahun yang akan datang. Ini juga memiliki garansi penggantian tiga tahun yang sangat baik yang menjanjikan untuk mengirimi Anda tampilan baru terlebih dahulu jika layar Anda rusak.

Apakah saya harus membelinya?

Ya, jika Anda mampu membelinya, terutama jika Anda mampu membelinya. U3223QE layak untuk diinvestasikan saat mempertimbangkan kualitas gambar besar yang tajam dari hub USB-C berfitur besar ini.

Rekomendasi editor






Demikianlah pembahasanmengenai Ulasan Dell UltraSharp 32 4K USB-C Hub Monitor: Hitam pekat, lebih bertenaga

. Jangan Lupa untuk
share artikel ini ya sobat.

Rujukan Artikel

TRENDING :  Jajak pendapat Steam menunjukkan peningkatan di pasar GPU

Leave a Reply

Your email address will not be published.